Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Masjid Kapal Semarang, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi


 Gedung Safinatun Janah atau Masjid Kapal ( Dok. Evi Hidayatuz Zahroh )
                                      

DIREKTORIJATENG.ID- Gedung Safinatun Janah berada di pinggiran Kota Semarang yang terletak di Jalan Padaan, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Namun, tidak seperti bangunan masjid pada umumnya, ada yang unik dari bangunan ini, yakni pada bentuknya yang merupakan replika kapal Nabi Nuh. 

Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 2014 dan mulai viral pada tahun 2018 ini sebenarnya bukan bangunan masjid, melainkan Gedung Pertemuan Safinatun Janah, bangunannya yang menyerupai masjid berbentuk Kapal ini yang membuat viral dan menjadi daya tarik pengunjung dari berbagai daerah.

Baca Juga : Peduli isu Degradasi Moral HMJ Psikologi Selenggarakan Psycho Discuss

Ibu Turiyati, sapaan akrabnya yang merupakan petugas penjaga loket tiket yang berada di pintu masuk utama Masjid kapal itu menjelaskan. Bahwa sebenarnya bangunan ini bukan Masjid, tetapi Gedung Pertemuan Safinatun Janah atau hanya untuk destinasi wisata umum yang di dalamnya tersedia fasilitas Mushola, WC umum dan lain-lain.

Akan tetapi bangunan ini sudah terkenal dengan bentuknya yang seperti kapal dan orang-orang pun menjulukinya sebagai Masjid Kapal.

Gedung ini dibangun untuk Yayasan Pendidikan anak-anak, tetapi lokasi yang berada di tengah-tengah sawah dan jauh dari keramaian kota menjadikan yayasan ini hanya berjalan 1-2 bulan saja.

Baca Juga : Wisata Kolam Renang Taman Lele di Semarang

Setelah Yayasan itu tutup baru dibuka gedung tersebut dan dinamakan Gedung Pertemuan Safinatun Janah atau biasa dikenal dengan Masjid Kapal, Ungkap Turiyati.

Tarif masuk Gedung Safinatun Janah sebesar 3.000 per orang dan parkir sepeda motor 2.000 per motor.

Baca Juga : Pantai Dewaruci, Salah Satu Pesona Alam di Purworejo

Di gedung ini juga menyediakan dokar untuk berjalan-jalan disekitar kampung Masjid Kapal. Dengan membayar 15.000 anda dapat berkeliling kawasan Masjid Kapal dengan puas.


Penulis : Evi Hidayatuz Zahro

Editor : Zakia Maulida


Evi Hidayatuz Zahroh Halo Nama saya Evi Hidayatuz Zahroh saya Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, disini saya Mahasiswa Prodi KPI yaitu di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, sekarang saya mahasiswa Semester 3, yang memiliki NIM 2101026106

Belum ada Komentar untuk "Masjid Kapal Semarang, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel