Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Nadia dalam Workshop MBS: Teknik Bercerita Menjadi Daya Tarik Dalam Menyampaikan Berita di Radio

MBS adakan talkshow sebagai acara puncak

Acara puncak MBS Fair Talkshow Penyiaran dan final lomba siar di Gedung Teater IsDB UIN Walisongo (24/11/2023). (dok.Fikriya Labiba)


DIREKTORIJATENG.ID-Radio Mitra Dakwah dan Bersholawat (MBS) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo gelar Talkshow sebagai acara puncak ulang tahun MBS di Gedung Teater Islamic Developmen Bank (ISDB) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Jumat, 24 November 2023.

Acara yang bertajuk MBS Fair digelar sebagai rangkaian perayaan ulang tahun MBS. Acara tersebut menghadirkan narasumber dari penyiar Radio Suara Salatiga, Trisyana dan dosen KPI sekaligus pendamping Divisi Broadcasting Laboratorium Dakwah, Fathimah Nadia Qurrota A'yun. 

Penyiar Radio Suara Salatiga, Trisyana mengungkapkan, teknik menarik dalam menyiarkan sebuah berita adalah dengan bercerita. Diungkapnya bahwa dengan bercerita seseorang dapat memengaruhi kondisi psikologi, seperti mengubah perilaku, memotivasi pendengar, memengaruhi emosional, menghadirkan prasangka, dan menambah intelektualitas seseorang. 

"Dalam menyiarkan sebuah berita di radio, teknik yang paling menarik adalah dengan bercerita. Sebab cerita dapat memengaruhi psikologi seseorang, seperti berubah perilakunya, mendengarkan podcast dapat memotivasi pendengar, memengaruhi emosional, seperti berprasangka kepada seseorang dan menambah wawasan serta intelektual seseorang," papar Trisyana

Lebih lanjut, Trisyana menjelaskan bahwa penyiar dapat mengambil bagian teknik amygdala ketika sedang melakukan penyiaran berita sebagai modal seorang penyiar bercerita.

"Kita bisa ambil bagian amygdala untuk bercerita. Amygdala yaitu sebuah kejadian yang relate yang pernah dialami oleh kita,"

Kita bisa mengambil bagian amygdala. Amygdala adalah kejadian relate yang pernah kita alami. Sebab cerita bisa memengaruhi psikologi seseorang, seperti mengubah perilaku, memotivasi pendengar, memengaruhi emosional, serta prasangka dan menambah intelektual seseorang," jelas Trisyana.

Senada dengan Triyana, Dosen KPI, Fathimah Nadia Qurrota A'yun menyampaikan materi mengenai tips bercerita saat melakukan penyiaran. Nadia menyampaikan, bercerita harus dapat menyampaikan inti pesan  dan mudah dipahami. 

"Apabila berita disampaikan, bisa ditampilkan dengan cerita dengan menyampaikan inti pesan dengan bahasa yang mudah dipahami. Salah satunya menggunakan teknik smiling," papar Nadia.

Nadia memperjelas bahwa dalam melakukan penyiaran dengan teknik bercerita, akan lebih membuat pendengar merasa tertarik dan masuk ke dalam hati audiens. 

"Cerita memiliki kekuatan besar dalam upaya menarik dan mengambil hati audiens sehingga berita yang kita sampaikan masuk ke dalam hati audiens," pungkas Nadia.

Editor: Farida

Belum ada Komentar untuk "Nadia dalam Workshop MBS: Teknik Bercerita Menjadi Daya Tarik Dalam Menyampaikan Berita di Radio"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel