Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Peduli isu Degradasi Moral HMJ Psikologi Selenggarakan Psycho Discuss

Aldila Dyas Nurfitri saat mengisi seminar Psycho Discuss di Gedung Theater Planetarium UIN Walisongo Semarang, Sabtu (11/11), (dok, Alfina Rahmawati)

DIREKTORATJATENG.ID – HMJ Psikologi sukses menyelenggarakan seminar Psycho Discuss di Theater Planetarium UIN Walisongo Semarang, seminar ini dibuka untuk umum dengan mengusung tema “Moral Degradation of Modern Society." Sebelum kegiatan dimulai para peserta yang datang disuguhkan dengan penampilan band musik bernama “The Pipits” yang merupakan band musik internal dari HMJ Psikologi, pada Sabtu, 11 November 2023.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan pre-test di quiziz dilanjutkan dengan diskusi dengan pemateri dan diakhiri dengan post-test. Tujuan dilakukan pre-test dan post-test, untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan dari para peserta sebelum dan sesudah mendapatkan materi. HMJ Psikolgi mengundang dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Aldila Dyas Nurfitri sebagai pemateri yang berkompeten di bidangnya. 

Dosen FPK UIN Walisongo Aldila Dyas Nurfitri memberikan kerangka pengantar yang menyatakan bahwa membicarakan degradasi moral di masyarakat modern tidak lepas dari pengaruh digitalisasi kehidupan diberbagai aspek. 

Baca juga: https://www.dGeliatkan Cerdas Bermedia KPI FDK UIN Walisongo Lakukan Pengembangan Desain Program Pengabdian kepada Masyarakat.

“Menyoal perilaku tidak cuma yang bisa diobservasi atau dilihat oleh panca indra, perilaku menggunakan internet jangkauannya lebih luas, contohnya ketika seseorang mengakses banyak fitur, bisa jadi tidak menggunakan identitas pribadi sebab merasa adanya kebebasan untuk tidak mencantumkan data diri di media sosial. Membicarakan degradasi moral di masyarakat modern tidak akan bisa lepas dari digitalisasi kehidupan di banyak aspek.”

Dosen FPK tersebut juga menyampaikan bahwa terdapat tiga faktor penyebab degradasi moral yaitu faktor lingkungan, faktor sosial-budaya dan terakhir faktor teknologi. 

“Ada tiga faktor yang menjadi sebab adanya degradasi moral, yang pertama faktor lingkungan. Dalam faktor ini terjadi adanya falasi proses imitasi. Viralitas konten sering menimbulkan dampak negatif yang mana pada kelompok usai yang belum siap kematangan emosionalnya akhirnya mengimitasi atau meniru konten tersebut dan menjadi masalah jika konten tersebut terdapat konteks yang salah. Selanjutnya, faktor sosial-budaya akhir-akhir ini di masa digital manusia kurang mendapatkan saluran untuk menyalurkan kebutuhan-kebutuhan emosional pribadi maupun sosial secara layak,Terakhir faktor teknologi, anonimitas dapat menimbulkan dampak negatif sebab tanpa identitas yang jelas membuat individu bisa berperilaku anti-normatif, anti sosial dan agresif seperti contohnya melakukan tindakan perundungan siber (cyber-bullying),” ujarnya.

Dalam closing statementnya pemateri mengutip qoutes dari film Kingsman yaitu “Manners Maketh Man” bahwa manusia yang punya manners memperlihatkan perbedaan kedudukannya dengan makhluk lain dan menjadikan individu yang dapat menjalankan fungsinya sebagai manusia seutuuhnya. Manusia mempunyai akal sebagai fitur mahal yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Moralitas dan akal merupakan dua hal yang saling berkaitan saling relavan antara satu sama lain.

Baca juga: htUnik Rumah Makan Padang Jaya Semarang Selain Jual Makanan Juga Jual Kaset Jadul.

Ketua umum HMJ Psikologi, Muti’atun Himmatul menyampaikan alasan mengusung tema tersebut disebabkan kasus yang sedang booming yang menjadi bagian dari tergerusnya moral anak-anak Indonesia, yang biasa dikenal dengan degradation moral. Lanjutnya harapannya diadakannya kegiatan ini peserta dapat mengambil pelajaran dari pemateri dan bisa mengimplementasikannya atau dapat dibagikan kepada orang lain, agar tidak berhenti kepada diri mereka sendiri.

Ketua pelaksana, Ladya Ghaisani menyampaikan bahwasanya kegiatan Psycho Discuss hari ini merupakan penyelenggaraan ke empat kalinya dalam masa satu periode dan merupakan program kerja terakhir dari HMJ Psikologi.

Salah satu peserta, Erinda Dwi dalam kegiatan ini merasa senang dan puas atas penjabaran dari pemateri yang mana ingin belajar tentang ilmu psikologi. “Kesanku dalam kegiatan ini senang sekali dan puas sama jawaban dari ibu Aldila. Alasan saya mengikuti kegiatan ini ingin belajar psikologi."

HMJ Psikologi UIN Walisongo Semarang merupakan wadah bersama mahasiswa Program Studi Psikologi di Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang. HMJ Psikologi dibentuk atas dasar kepentingan bersama dalam mempererat tali persaudaraan mahasiswa psikologi, mewadahi pendapat, kreatifitas, dan prestasi demi terwujudnya visi dan misi fakultas, program studi dan organisasi ini.


Reporter: Alfina Rahmawati 

Editor: Abdul Fatah

Abdulfatah Panggil saja abdul, aku gondrong dan keren sihhh

Belum ada Komentar untuk "Peduli isu Degradasi Moral HMJ Psikologi Selenggarakan Psycho Discuss "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel