Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Pantai Dewaruci, Salah Satu Pesona Alam di Purworejo

Pantai Dewaruci destinasi wisata di selatan Pulau Jawa.

Keindahan Pantai Dewaruci, Purworejo (Dok. Putri Afifah)

DIREKTORIJATENG- Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang berada di rovinsi Jawa tengah. Berbatasan dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta disebelah timur dan Kabupaten Kebumen di sebelah baratnya. Purworejo ini merupakan salah satu kabupaten di Jawa tengah yang menjadi batas selatan sebelum laut lepas, maka dari itu tak heran apabila pesona pantai di kabupaten Purworejo ini sangat menarik perhatian bagi para wisatawan.

Salah satu pantai yang memiliki Daya tarik berupa keindahan yang luar biasa dan cocok untuk berlibur adalah Pantai Dewaruci atau yang dulunya dikenal dengan pantai Jatimalang. Berada di sebelah jalur lintas selatan penghubung antar provinsi D.I Yogyakarta dan Jawa tengah Pantai ini cocok untuk para pemudik untuk sekedar singgah menikmati  keindahan dan aneka sajian yang ada di pantai tersebut.

Terletak di desa jatimalang, kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. dengan jarak hanya berkisar kurang lebih 18km ke arah selatan dari pusat kota, hanya perlu menempuh waktu kurang lebih 45-50 menit dari pusat kota untuk sampai ke lokasi. Jalan menuju lokasi sebagian besar sudah diaspal sehingga pengunjung akan merasa nyaman selama perjalanan, apalagi dihiasi oleh pemandangan kanan kiri berupa hamparan sawah membuat mata lebih segar sesaat sebelum tiba dilokasi.

Baca Juga: Telaga Bedakah Salah Satu Rekomendasi Wisata di Wonosobo

Pantai dengan icon Patung Dewaruci yaitu seorang dewa kerdil yang dijumpai oleh Bima atau Werkudara dalam sebuah perjalanan mencari air kehidupan, menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung.

Siluet Patung Dewaruci saat matahari terbenam di Pantai Dewaruci. (Dok. Putri Afifah)

Pantai ini cocok untuk menikmati keindahan matahari terbenam setelah kita melakukan pekerjaan yang melelahkan. Dengan hanya membayarkan parkir sebesar Rp2000 kita bisa menikmati fasilitas yang disediakan. pantau ini buka selama 24 jam, namun untuk penjagaan parkir dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Baca juga:Inilah Zikir dan Doa yang Diajarkan Habib Umar bin Hafiz Yaman Lengkap dengan Teks Bahasa Indonesia dan Artinya.

Fasilitas yang diberikan cukup lengkap, terdapat toilet, mushola, tempat parkir, penginapan, rumah makan, gazebo sepanjang bibir pantai, serta pasar ikan yang selalu menyediakan ikan segar hasil tangkapan nelayan. Hanya dengan membayarkan Rp10000 kita bisa menggunakan Gazebo untuk menikmati deburan ombak secara langsung dan nyaman.

Fasilitas gazebo sepanjang bibir pantai. (Dok. Putri Afifah)

Jika kalian berkunjung pada sore hari kalian bisa meyaksikan para kapal nelayan berangkat ataupun pulang berlayar. Namun tidak disarankan untuk berenang dipantai saat air sedang pasang. Disisi lain yang menarik dari tempat ini kalian bisa menyaksikan pesawat melintas di atas kita, karena lokasi pantai ini tidak jauh dari bandara Yogyakarta International Airport (YIA). 


Kapal Nelayan berlabuh setelah mencari ikan di Pantai Dewaruci (Dok. Putri Afifah)

Jika ingin menikmati deburan ombak dengan kesunyian para pengunjung bisa datang dihari biasa dan sedikit bergeser ke Pantai bagian timur untuk mendapatkan suasana di sekitaran Pantai tersebut.

Penulis: Putri Afifah

Editor: Abdul Fatah

Putri Afifah Fitrianingtyas Haii, salam kenal aku Putri Afifah Fitrianingtyas, biasanya dipanggil Afifah. aku adalah seorang mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, doakan aku buat jadi penulis hebat ya teman-teman. salam kenal semua:)

Belum ada Komentar untuk "Pantai Dewaruci, Salah Satu Pesona Alam di Purworejo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel