Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Rayakan Milad Ke-38, UKM Kordais Gelar Khataman Alquran dan Arwah Jamak

Kegiatan khataman Alquran dan arwah jamak yang dilakukan oleh UKM Kordais di Masjid Kampus III UIN Walisongo Semarang, Sabtu (11/11/2023).


DIREKTORIJATENG.ID-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Da’i Islam (Kordais) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang gelar acara khataman Alquran 30 Juz dan Arwah Jamak yang diselenggarakan di Masjid Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Sabtu 11 November 2023.

Ketua panitia Milad Kordais ke-38, Ani Safitri menuturkan Khataman Alquran dan Arwah Jamak merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di UKM Kordais. 

Tujuan kegiatan untuk melestarikan budaya yang sudah ada pada  masyarakat Jawa agar tidak hilang ditelan zaman. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penggalangan dana yang kemudian akan digunakan untuk hal-hal positif yang bermanfaat bagi umat.

Baca Juga: Annisa Mulai Bisnis Smoothies, dari Iseng jadi Cuan

Khataman Alquran dan Arwah Jamak bukan suatu hal yang asing lagi bagi masyarakat Islam apalagi pada bulan Ramadhan bisanya orang-orang Islam akan berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Alquran sebanyak-banyaknya. sedangkan Arwah Jamak merupakan kegiatan mengirimkan do’a serta (sebagian atau seluruh) bacaan Al-Qur’an  kepada keluarga atau sanak saudara yang sudah meninggal. 

Penamaan Arwah Jamak ini berasal dari kata “Arwah” yang berarti ruh, dan “Jamak” yang mempunyai arti banyak. Jadi Arwah Jamak merupakan do’a yang ditujukan kepada banyak ruh keluarga atau sanak saudara yang dikirim oleh masyarakat Jawa pada masa itu. Tradisi Arwah Jamak ini juga melatarbelakangi munculnya penamaan bulan “ Ruwah” pada sistem penanggalan Islam  yang diberikan oleh Kerajaan Mataram Islam.

Khataman al-Qur’an dan Arwah Jamak ini sukses diselenggarakan oleh UKM Kordais sebagai salah satu pembuka dari beberapa rangkaian acara milad lainnya di antaranya: Kordais Mengajar bersama Pena Yatim, Seminar Pemikiran dan Peradaban Islam yang berkolaborasi dengan Program Kaderisasi Ulama (PKU), dan Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) menuju pelaksanaan malam  puncak acara Milad ke-38 yang akan diselenggarakan di Auditorium II kampus 3 UIN Walisongo Semarang.

Baca Juga: Angkringan Boen Djati Mijen Semarang, Dari TPA Menjadi Ladang Usaha

Salah satu hafidz atau penghafal Alquran, Muhammad Fachry Shihab menyebutkan bahwa dirinya terkesan dengan acara yang diselenggarakan oleh UKM Kordais ini. 

"Selain untuk melestarikan budaya, dari kegiatan itu kita dapat mengisi waktu luang dengan melakukan hal-hal yang positif untuk lebih mengenal, mencintai dan  lebih dekat lagi dengan Al-Qur’an. Semoga acara ini rutin dilakukan Kordais," pungkasnya.


Penulis: Indri Dwi Amanah

Editor: Farida 


Belum ada Komentar untuk "Rayakan Milad Ke-38, UKM Kordais Gelar Khataman Alquran dan Arwah Jamak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel