Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Rayakan Anniversary Pertama, WPRC Adakan Seminar dan Gelar Karya


Mahasiswa PR UIN Walisongo Semarang foto bersama dengan Kabag Humas dan Media  RSI Unisula Muhammad Chanif Miftahudin (Tengah) diacara Anniversary WPRC,Seminar, dan Gelar Karya di Gedung Theater FSH UIN Walisongo pada Kamis, (7/12).


DIRETORIJATENG.ID- Mahasiswa Konsentrasi  Public Relations (PR) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo yang tergabung dalam Walisongo Public  Relations Community (WPRC) merayakan ulang tahun pertamanya pada Kamis (7/11/2023). 

Komunitas yang menjadi wadah belajar dan berkarya tentang Public Relations  dilaksanakan di Theater Gedung FSH UIN Walisongo. Acara puncak diisi dengan Gelar Karya Film Kampanye PR dan Seminar dengan Pemateri dalam Muhammad Chanif Miftahudin yang merupakan Kabag Humas dan Media RSI Unisula dan Heni Indrayani,M.I.Kom. Dosen Public Relations Udinus, acara ini diikuti oleh 72 peserta. 

Kegiatan ini juga merupakan luaran dari Mata Kuliah Komunikasi dan Kampanye Public Relations yang diampu oleh Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. dengan bersinergi dengan berbagai lembaga di UIN Walisongo seperti Walisongo Halal Center dan Kupi Corner. Beberapa kampanye tentang Isu disekitar mahasiswa seperti kesehatan mental, isu lingkungan dan kesehatan serta isu pendidikan. 

Baca juga: Mahasiwa KPI Public Relation Mengadakan Seminar dan Tour Kebudayaan.

Acara diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan KPI UIN Walisongo yaitu H.M.Alfandi, M.Ag  didampingi oleh Pembina WPRC Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. dan Ketua WPRC yaitu Farhan.

Ketua Jurusan KPI FDK UIN Walisongo H.M.Alfandi menyampaikan apresiasinya terhadap WPRC, peminatnya konsentrasi PR meningkat. 

"Meskipun konsentrasi PR baru tahun kedua, namun peminatnya meningkat. Kita perlu membuat distingsi yg berbeda yg membedakan PR di UIN Walisongo dibanding lainnya," ungkapnya. 

Muhammad Farhan Siddiq  Ketua WPRC menyampaikan komitmen WPRC untuk berkontribusi seperti Taglinenya "WPRC, Membangun Relasi, Perkuat Reputasi". 

Heni Indrayani menyampaikan pentingnya perencanaan dan evaluasi dalam pelaksanaan Kampanye PR.

Baca juga: Diduga Lakukan Kecurangan PKM Gugat KPM.

"Tahapan Kampanye diawali dengan perencanaan, penentuan tujuan dan objective dengan SMART. Penyusunan  pesan dalam kampanye dan  Membuat Key message yang tepat dan disesuaikan dengan segmentnya," ungkapnya. 

Disampaikan pula pentingnya juga menggunakan PESO Strategi dalam menentukan media yang akan digunakan serta storytelling dalam kampanye PR.

Kabag Humas dan Media  RSI Unisula Muhammad Chanif Miftahudin menyampaikan pengalamannya selama menjadi humas. 

"Peran PR mulai dari  strategi media sosial seperti mengelola media sosial,  penelitian dan analisis serta handling complain, selain itu Membangun relasi dengan komunikasi efektif, networking, kolaborasi dan kerjasama dan kejujuran serta konsistensi," ungkapnya.

Baca juga:Bincang Asik Seminar Kolaborasil

Dalam memperkuat reputasi, PR harus memiliki pemahaman dan kemampuan dalam  menjalin hubungan dengan  media, pemanfaatan media sosial, serta umpan balik dan evaluasi dan mempertahankan kualitas dan konsistensi. 

Kegiatan Ulang Tahun merupakan puncak rangkaian acara WPRC, sebelumnya diselenggarakan kegiatan Seminar kesehatan, Seminar dan Tour Kebudayaan, Seminar Kesetaraan Gender dan Seminar Walisongo Gerak Resik dan WeEsku.Puncak acara  diisi dengan Gelar Karya Film Kampanye Public Relations dilanjutkan dengan Seminar Public Relations dengan pemateri. 

Film pendek karya mahasiswa membahas tentang Kampanye PR yang sudah dilakukan denga tema Kesehatan Mental yang berjudul "Kita Sama". Film pendek kolaborasi Walisongo  Halal Center dan Flixzone Ent yang berjudul " Halal Kah?". Selain itu ada film " Kemanusiaan" menyampaikan pesan moderasi beragama dan film " Yang Penting Suka Dulu" menyampaikan pesan mendaur literasi.

Editor: Abdul Fatah

Abdulfatah Panggil saja abdul, aku gondrong dan keren sihhh

Belum ada Komentar untuk "Rayakan Anniversary Pertama, WPRC Adakan Seminar dan Gelar Karya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel