Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Expo Kemandirian Pesantren, Buktikan Pesantren Wadah Santri Berwirausaha


Para santri menampilkan prodaknya, saat acara Expo kemandirian pesantren. 

Salah satu stand Pesantren di Expo Kemandirian Pesantren, Gedung Planetarium UIN Walisongo Semarang. Sabtu (21/10/23) (Dok Heru Sofyan)


DIREKTORIJATENG- Expo kemandirian pesantren yang berada di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dalam rangka menyambut peringaratn Hari Santri Nasional 2023.  Expo tersebut menjadi ajang penampilan kreativitas pesantren dalam mewujudkan kemandirian pesantren.

Setiap pesantren memiliki kreativitas yang diunggulkan dan ditampilkan dalam expo tersebut, mulai dari fashion, kuliner, produk rumah tangga dan  jasa. (21/2023)

Expo ini sebagai bukti bahwa pesantren bukan hanya lembaga pendidikan islam yang mengajarkan ilmu agama saja. Akan tetapi juga mengajarkan ilmu kemandirian dengan mengajarkan berbagai bidang wirausaha. 

Baca juga:Angkringan Boen Djatie Mijen Semarang Dari TPA Menjadi Ladang Usaha.

Seperti yang dikatakan Lutfi salah satu santri Darul Falah Besongo Semarang "Acara seperti ini adalah acara yang sangat bagus, karena expo ini sebagai alat pengenalan pesantren. Bahwa Pesantren tidak hanya sebagai media pendidikan atau dakwah. Tetapi juga sebagai wadah santri untuk belajar dibidang bisnis. Produk yang kami unggulkan ada sablon kaos, gantungan kunci, dan akrilik."

Poduk yang diunggulkan bukan hanya sebagai pajangan pada acara expo saja, namun juga merupakan produk yang sudah berhasil dipasarkan selama bertahun-tahun oleh masing-masing Pesantren. 

Baca juga:httpsAnnisa Mulai Bisnis Smoothies dari Iseng jadi Cuan.

"Produk yang kami bawa pada expo ini, bukan semata-mata hanya untuk mendapatkan nilai dari juri, Namun semua produk ini berasal dari rumah produksi di Pesantren kami. Untuk pemasaran secara offline kami jual di Minimarket Pesantren, sedangkan untuk online kami jual lewat Instagram mulai dari tahun 2019" tutur Lutfi.

Editor: Abdul Fatah


Heru Sofyan Nama saya Heru Sofyan, alamat saya Purbalingga Jawa Tengah. Sekarang saya tinggal di Semarang karena sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi islam di semarang. Yaitu di UIN WALISONGO dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Expo Kemandirian Pesantren, Buktikan Pesantren Wadah Santri Berwirausaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel