Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Membedah Buletin Karya Mahasiswa Jurnalistik KPI UIN Walisongo Semarang Bersama Babad

 

Bedah buletin Waktu, karya mahasiswa mata kuliah Jurnalistik Cetak dan Online di Sekretariat Babad.id Purwoyoso Semarang, Kamis (14/12/2023). Kegiatan ini kolaborasi bersama jurusan KPI dengan Babad.id (dok. Abdul Arif).

DIREKTORIJATENG.ID - 21 orang mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok. Mereka akan memproduksi buletin. Kelompok satu dipimpin oleh Zakia Maulida, memberi nama buletinnya Asmarada. Buletin ini membahas tentang media siar lokal. Adapun kelompok dua dipimpin oleh Heru Sofyan. Memberi nama buletinnya Waktu, yang akan membahas tentang perkembangan koran saat ini.

Produksi buletin ini merupakan bagian dari Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Jurnalistik Cetak dan Online, yang diampu oleh dosen KPI UIN Walisongo, Farida Rachmawati. Farida menyelenggarakan Gelar Karya Buletin untuk mengevaluasi hasil produksi buletin mahasiswa.

"Untuk meningkatkan skill dan mempresentasikan serta menilai hasil karya majalah dari teman-teman semua agar skill menulis bisa bertambah lebih meningkat kembali," ujar Farida.

Acara diselenggarakan di Kantor Babad.id yang beralamatkan di Jalan Sriwibowo II Purwoyoso Kota Semarang, Kamis 14 Desember 2023. Menghadirkan Pemimpin Redaksi Babad.id, Abdul Arif, sebagai reviewer buletin.

18 orang mahasiswa konsentrasi Jurnalistik angkatan 2021 hadir dalam evaluasi ini. Mereka mendapatkan banyak masukan terkait dengan nama media, tata layout, fotografi, dan tata tulis.

"Membuat nama media seharusnya mewakili apa yang akan menjadi DNA media kita," ujar Abdul.
Suasana kegiatan sangat seru karena bedah majalah ini dilakukan dengan santai dan terkadang diselipi candaan dari peserta agar tidak bosan mengikuti kegiatan ini.
Acara berlangsung dari pukul 08.30 hingga 16.00 WIB.
"Kegiatannya sangat asik, dan pastinya sangat bermanfaat ya buat kita khususnya saya sendiri yang masih minim ilmu dalam bidang jurnalistik, apalagi tadi semua juga diberi tahu bagian yang masih salah dan dibimbing hingga paham" ujar Afifah, salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh mahasiswa yang mengikuti, agar pengetahuan dan skill dalam kepenulisan jurnalistik lebih meningkat dan kualitas tulisannya lebih bagus lagi.
Editor: Farida
Ulya Khoirunnisa Saya merupakan seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Walisongo Semarang

Belum ada Komentar untuk "Membedah Buletin Karya Mahasiswa Jurnalistik KPI UIN Walisongo Semarang Bersama Babad"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel