Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Ajarkan Manajerial Perpustakaan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Dampingi Pengelolaan Ulang Perpustakaan SDN Samban 02

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang mendampingi siswa SDN Samban 02 dalam pengelolaan ulang perpustakaan sekolah pada Selasa (14/11/2023) (Dok. Tim Kominfo KKN)

DIREKTORIJATENG.ID- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menyelenggarakan Bimbingan Teknik Pengelolaan dan Merevitalisasi Perpustakaan SDN Samban 02 pada Selasa (14/11/2023). Adanya kegiatan ini guna mengoptimalkan peran perpustakaan sekolah serta meningkatkan minat dan budaya baca bagi siswa SDN Samban 02.

Koordinator Desa (Kordes) Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Desa Samban, Muhammad Dicky menyampaikan bahwa bimbingan teknik pengelolaan dan kegiatan revitalisasi ini merupakan langkah awal dalam penataan perpustakaan SDN Samban 02 menjadi lebih baik. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan langkah dan persepsi tentang standar pengelolaan perpustakaan.

“Sebagai upaya meningkatkan minat baca serta literasi siswa SDN Samban 02, kita melakukan upaya revitalisasi fungsi perpustakaan. Tidak hanya itu, kita juga membantu menginisiasi manajerial perpustakaan agar dapat mengontrol jalannya manajemen perpustakaan," ujar Dicky.

Baca Juga: Gelar Bakti Sosial, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Kenalkan Pengobatan Tradisional Bekam Ala Nabi

Kepala perpustakaan, Pak Wisnu berharap melalui kegiatan ini pengelola perpustakaan sekolah menjadi lebih memahami tugas pokok dan fungsinya, menyelenggarakan dan mengelola pelayanan perpustakaan dengan baik serta mampu mengembangkan atau mengkreasikan layanan perpustakaan sesuai perkembangan zaman. 

"Perpustakaan disini belum sepenuhnya berjalan, baik manajemen peminjaman buku, peletakan tempat buku dan kurangnya ketertarikan siswa terhadap membaca. Yang mana kurangnya ketertarikan siswa membaca buku dapat disebabkan karena adanya kondisi dari perpustakaan itu sendiri," kata Pak Wisnu.

Kegiatan ini ditindaklanjuti dengan melakukan penataan dan pendataan ulang keseluruhan buku serta menyosialisasikan teknik kerja perpustakaan sekolah kepada siswa SDN Samban 02. 

Baca Juga: Mahasiswa UNNES Giat 6 Kelurahan Podosugih Pekalongan Manfaatkan Daun Kelor untuk Atasi Stunting

Dicky berharap melalui kegiatan ini tingkat literasi siswa SDN Samban 02 semakin bagus dan indeks minat baca semakin meningkat.

Reporter: Naila Salsabila

Editor: Dela Anadra

Belum ada Komentar untuk "Ajarkan Manajerial Perpustakaan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Dampingi Pengelolaan Ulang Perpustakaan SDN Samban 02"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel