Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

HTM, Daya Tarik dan Jam Buka Pemandian Muncul Salatiga :Sensasi Renang Mata Air Pegunungan



Pemandian Air Alam Muncul, Banyubiru Salatiga (Sumber: Disporapar Provinsi Jawa Tengah)

DIREKTORIJATENG.ID, KABUPATEN SEMARANG-  Tuntutan pekerjaan hingga tugas akademik sanggup membuat orang jadi stress. Tidak ada salahnya untuk pergi sejenak menenangkan pikiran. Pemandian Muncul Salatiga adalah rekomendasi objek wisata alam yang patut dikunjungi. Simak artikelnya seputar harga tiket, daya tarik dan jam buka lur.

Sedulur dapat merasakan sensasi kesegaran berenang di Pemandian Alam Muncul Salatiga karena airnya bersumber dari pegunungan. 

Rimbunnya pepohonan hijau membuat suasana sekitar jadi adem.

Terletak di Jalan Raya Muncul, Rowoboni, Kecamatan Banyubiru Salatiga, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya bersebelahan dengan perusahaan air mineral Java.

Pemandian Muncul Salatiga sangat cocok dijadikan opsi wisata bersama keluarga, sahabat atau solo travelling. 

Pemandian Muncul Salatiga dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten Semarang. 

Menurut portal resmi Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, ada fasilitas pemancingan dan pembibitan ikan di sekitar kawasan Pemandian Muncul Salatiga yang bisa dicoba, sembari menyaksikan hamparan sawah.

Biasanya, Pemandian Muncul Salatiga akan sangat ramai ketika musim liburan, terutama mudik lebaran.

Apabila momentum libur lebaran sedulur berencana mengunjungi objek wisata yang satu ini, berikut informasi tentang Pemandian Muncul Salatiga selengkapnya :

1. HTM dan Parkir

Pemandian Alam Muncul Salatiga termasuk ke dalam opsi wisata yang ramah kantong. Mengutip akun Instagram @pesona_kabsemarang, harga tiket masuk (HTM) 2024 untuk wisatawan Rp10.000 dan Rp15.000 hari libur (weekend) atau hari besar. Biaya tersebut sudah termasuk atribusi tiket parkir.

2. Daya Tarik

Setiap objek wisata pasti memiliki daya tarik masing-masing. Kejernihan dan kesegaran air yang bebas kaporit mengisi seluruh kolam Pemandian Muncul Salatiga hingga luber. Kedalaman kolam bervariasi mulai setengah hingga tiga meter. 

Hal tersebut karena airnya bersumber langsung dari pegunungan Telomoyo. Lokasinya mudah diakses dengan motor, mobil ataupun mini bus.

Terdapat pula tiga air mancur berbentuk mulut ikan yang berjejer, sedulur bisa keramas dan membilas diri. Pengunjung yang tidak bisa renang, dapat menyewa ban.

Jika ingin mengganjal perut, sedulur dapat mencicipi stand jajanan di dalam area kolam. Pilihan menu seperti takoyaki, jamur krispi, tahu krispi, sosis bakar, Pop Mie, dsb.

Luar area pemandian, tersedia warung yang menjual kuliner dan oleh-oleh khas Banyubiru yaitu pecel keong, ikan bakar, keripik belut, keripik ikan wader. Tidak lupa menikmati kesegaran air kelapa muda.

3. Jam Buka

Sedulur bisa mengunjungi Pemandian Muncul Salatiga setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Saran penulis, apabila sedulur berniat healing dan tidak terlalu suka keramaian, akan lebih baik datang saat weekdays atau Senin- Jumat. Pasalnya, tempat satu ini cukup ramai saat weekend.

Berdasar ulasan Yeni Ariyanti di Google Business, HTM Pemandian Muncul Salatiga sepadan dengan fasilitas yang ada.

Overall good lah untuk harga 15k, cocok buat anak-anak karena kolamnya ga dalem. Menyediakan sabun dan shampoo sachet murah. Point plusnya tersedia air panas only 5k per ember biar mandi ga kedinginan,” tulisnya.

Setelah menyimak informasi di atas, jangan ragu untuk memasukkan Pemandian Muncul Salatiga ke dalam daftar objek wisata yang akan dikunjungi waktu senggang nanti.

Sumber: pengalaman pribadi, wesbite resmi Disporapar Provinsi Jawa Tengah, instagram @pesona_kabsemarang, ulasan Google.

#wisatajateng 





Belum ada Komentar untuk "HTM, Daya Tarik dan Jam Buka Pemandian Muncul Salatiga :Sensasi Renang Mata Air Pegunungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel