Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Mahasiswa Polines Raih Juara Pertama Lomba Siar di Acara HUT MBS FM Ke-23

MBS FM merayakan HUT Ke-23 dengan mengadakan lomba siar.

Penyerahan hadiah juara pertama lomba siar oleh General Manager MBS FM kepada Mahasiswa Polines, Iffat Pramatya dan Adelia Maharani. (dok. Medinfo MBS FM)

DIREKTORIJATENG.ID- Rayakan HUT Ke-23, MBS FM mengadakan lomba siar. Acara tersebut menjadi puncak perayaan HUT MBS FM Ke-23 yang diselenggarakan di Ruang Teater Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang pada Jumat (24/11).  

Acara puncak HUT MBS FM Ke-23 ini tidak hanya mengadakan final lomba siar, namun juga lomba voice over dan news anchor. Namun, untuk lomba voice over dan news anchor diselenggarakan secara online. 

Dewan juri pada final lomba siar yakni Divisi Broadcasting Labda, Nadia Qurrota A'yun dan Penyiar Radio Suara Salatiga, Trisyana.

Baca Juga: Angkat Tema "Create A Better Future", Jadi Filosofi Harapan Untuk HUT MBS FM Ke-23

Lomba siar tersebut dimenangkan oleh Iffat Pramatya dan Adelia Maharani dari Radio PLBS Politeknik Negeri Semarang. Berdasarkan penilaian dewan juri, total skor yang dimiliki oleh Iffat dan Adelia lebih unggul karena memiliki kelebihan pada intonasi dan artikulasi.

"Tiap peserta punya plus minus tersendiri, namun kita menghitungnya berdasarkan jumlah keseluruhan aspek. Intonasi dan artikulasi yang mereka punya jelas dan temponya sangat pas, namun untuk karakternya masih belum terlihat," ucap Nadia selaku dewan juri.

Trisyana juga menyampaikan jika semua peserta sudah menampilkan hasil yang sangat bagus.

Baca Juga: Nadia dalam Workshop MBS: Teknik Bercerita Menjadi Daya Tarik Dalam Menyampaikan Berita di Radio

"Sebetulnya overall untuk semua peserta sudah sangat bagus, sehingga juri pun sempet bingung. Namun ternyata skornya lebih unggul yang dari Polines itu," tambahnya. 

Iffat dan Adelia tidak menyangka jika mereka akan mendapatkan juara pertama pada perlombaan tersebut. Lomba siar yang diselenggarakan oleh MBS FM ini menjadi ajang perlombaan yang pertama kali mereka ikuti. 

"Ini adalah first time lomba siar yang pernah diikuti dan ternyata kita gak nyangka kalo dapet juara satu," ungkap Adelia.

Baca Juga: Puncak Miladiyah ke-29 UKM JQH el -Fasya el-Febi’s Adakan UIN Walisongo Mengaji

Menurut Iffat dan Adelia, perlu adanya pengalaman di eksternal untuk menambah pengalaman. Hal ini menjadi alasan mereka mengikuti lomba siar tersebut. Sehingga mereka bisa tahu bagaimana MBS FM ketika mengadakan acara. Jadi, hal tersebut dapat mereka aplikasikan di Radio PLBS Politeknik Negeri Semarang. 

"Kita jadi tahu gimana dari kampus lain ketika ngadain event, jadi kita bisa aplikasikan di radio kita," kata Iffat.

Sebelum pelaksanaan lomba, Iffat dan Adelia berkonsultasi kepada senior mereka dan berlatih bagaimana teknik melakukan siaran yang baik.

Baca Juga: Pelajar SMA Menjadi Juara Duta GenRe Kabupaten Semarang Tahun 2023

"Tiga hari sebelumnya, kita sempat konsultasi ke senior kita untuk latihan, kita juga memanfaatkan ChatGPT buat memilih kata random untuk latihan kita," imbuh Iffat. 

Editor: Dela Anadra

Fikriya Labiba Halo Perkenalkan nama saya Fikriya Labiba dengan NIM 2101026027 Mahasiswi dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Walisongo Semarang

Belum ada Komentar untuk "Mahasiswa Polines Raih Juara Pertama Lomba Siar di Acara HUT MBS FM Ke-23"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel