Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Tips Buat Pemula yang Ingin Mendaki Gunung Prau di Jawa Tengah



Hilangkan lelah, singkirkan penat, segarkan jiwa dengan mulai mendaki gunung Prau Jawa tengah.

Illustrasi-keindahan gunung prau yang dijuluki sebagai "gunung sejuta umat" (Dok. Direktori Jateng/Haqqi)


DIREKTORIJATENG.ID- Suntuk dengan hiruk-pikuknya kota?

Sibuk bekerja hingga tidak ada waktu untuk istirahat?

Atau kamu yang sedang penat dihajar tugas-tugas kuliah? Cobalah menepi sejenak. 

Kesibukan bekerja dan mengerjakan tugas kuliah adalah satu kewajiban, namun seperti kata pepatah Cina “Wu Ji Bi Fan” (Sesuatu yang belebihan itu tidak baik). Maka tidak ada salahnya sekali dua kali merenggangkan pikiran dan mengambil jatah untuk liburan.

Baca juga: kampung batik cocok dikunjungi saat hari batik 

Pengen liburan tapi bingung mau kemana? Bila kamu ingin mencari ketenangan, kedamaian dan sensasi relaksasi alam. Maka aktivitas mendaki gunung bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Namun bila kamu adalah seorang yang baru pertama kali mendaki gunung, maka Gunung Prau bisa menjadi opsi utama dari sekian banyak gunung di Indonesia.

Gunung Prau terletak di empat Kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Baca juga: 4 Rekomendasi destinasi wisata klaten.

Lokasinya yang strategis ditambah indahnya pemandangan yang ditawarkan, menjadikan Gunung Prau kerap dijuluki para pendaki sebagai “Gunung Sejuta Umat”. Pendakian Gunung Prau juga tergolong ringan hanya memakan waktu 3-5 jam untuk sampai ke puncak.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa kamu akses untuk mendaki di Gunung Prau, diantaranya: via Patak Banteng, via Dieng, via Wates, via Dwarawati, via Igirmranak, dan via Kalilembu.

Bagi pendaki pemula, pendakian pertama biasanya akan menjadi pengantar ke pendakian gunung selanjutnya. 

Saat mendaki gunung jangan kaget bila tiba-tiba banyak orang tak dikenal saling sapa, atau sesekali bertemu dengan hewan liar seperti kera, burung jalak, bahkan babi hutan.

Baca juga:Rekomedasi Tempat Nongkrong Malam Hari di Semarang

Untuk kamu yang baru pertama kali naik gunung, lebih disarankan untuk mengajak teman yang sudah pernah naik ke gunung. Pastikan kamu membawa kebutuhan dan perbekalan mendaki yang secukupnya ya. 

Dan tentu saja jangan lupa untuk mengabadikan momen di Gunung Prau, karena dari puncaknya terlihat beberapa gunung dengan pemandangan yang cantik. Selamat berlibur.

Editor: Abdul Fatah

 

Haqqi ID hallo warga sipil sekalian

Belum ada Komentar untuk "Tips Buat Pemula yang Ingin Mendaki Gunung Prau di Jawa Tengah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel