Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Pantai Baruna: pantai unik dengan ladang ilalang di Semarang

Ladang ilalang Pantai Baruna (Doc. ig: oes_jhun)
DIREKTORIJATENG.COM – Ke Semarang cuma mampir ke Lawang Sewu dan Kota Lama aja? Nggak pengen mantai? Meskipun tidak punya pantai pasir putih, ternyata Semarang punya pantai dengan ladang ilalang looh..

Yaps, Pantai Baruna. Jika pantai pada umumnya dinilai indah karena hamparan pasir putihnya, Pantai Baruna menawarkan keunikanya berupa hamparan ilalang, blok beton terkunci, dan batu-batuan di bibir pantai. Selain itu, di tengah padang ilalang berdiri kokoh sebuah pohon yang mempercantik latar belakang foto kita. Kalian akan merasa berfoto di National Park Baluran, namun dengan nuansa ilalang.

Jika kalian datang di musim penghujan, kalian akan mendapatkan ilalang yang berwarna hijau segar. Namun ketika kalian datang selain di musim itu, kalian akan mendapatkan suasana ladang ilalang yang mulai menguning hingga berbunga. Hati-hati ya kalau datang di musim penghujan, karena jalan menuju pantai belum beraspal.

Fyi, tidak jarang, Pantai Baruna juga dijadikan tempat hunting foto dan prewedding. Selain berfoto, masih ada hal lain yang bisa kita lakukan di sana loh, seperti: memancing ikan dengan membawa pancing sendiri, mengamati nelayan yang sedang menangkap ikan dengan perahu kecil, menikmati sunset, pindah ruang baca, atau sekedar menikmati angin untuk menghilangkan penat.

Lokasi

Pantai Baruna terletah di Kawasan Baruna di sisi timur Pantai Marina, Pelabuhan Tanjung Mas, Bringin, Semarang Selatan, Jawa Tengah. Penulis sarankan untuk menggunakan kendaaran beroda dua, karena rute dari jalan besar menuju Pantai Baruna tidak cukup lebar untuk kendaraan beroda lebih dari dua.

Jam buka

Pantai Baruna belum dikelola secara khusus, sehingga tidak ada jam kunjungan resmi. Pengunjung bisa datang sesuka hati.

Harga tiket masuk

Pengunjung tidak dikenakan pungutan tiket masuk. Namun jika dikenakan pungutan pada pintu masuk area pelabuhan, sifatnya adalah sukarela. Pengunjung biasanya memberikan uang kisaran Rp 3000 hingga Rp 5000.

Fasilitas

Pantai baruna belum dikelola secara khusus, sehingga fasilitas penunjang seperti toilet, kantin, gazebo, mushola, dan tempat parkir khusus belum ada. Jadi pastikan kalian sudah membawa perbekalan secukupnya, buang air, dan memastikan bahan bakar kendaraan cukup.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, minimal membawa kembali sampah yang kalian bawa ya..

Belum ada Komentar untuk "Pantai Baruna: pantai unik dengan ladang ilalang di Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel