Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Rekomendasi Air Terjun Terbaik di Karanganyar

Karanganyar terkenal dengan pesona alam yang memukau, termasuk air terjunnya yang sangat indah.

Ilustrasi- Keindahan Air Terjun Karanganyar (doc. Pixabay/FrankyFromGermany)

DIREKTORIJATENG.ID - Karanganyar merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan pesona alamnya, salah satunya adalah banyak air terjun dengan keindahan yang sangat memukau.

Kabupaten Karanganyar terletak di kawasan lereng gunung lawu. 

Air terjun yang berada di Karanganyar ini memiliki pesona dan ciri khas masing-masing. Dari ketinggiannya yang bervariasi, serta letaknya ada yang mudah dijangkau dan ada pula yang harus menempuh perjalanan cukup jauh dengan berjalan kaki. 

Baca Juga: 5 Wisata Pantai di Jepara, Penuh Keindahan

Kebanyakan air terjun di Karanganyar terletak di tengah hutan. Jadi hal yang wajar apabila harus berjalan kaki dengan jarak tempuh cukup jauh.

Yuk kita jelajahi air terjun di Karanganyar!!!

1. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog memiliki ketinggian yang cukup tinggi, alami, dan dingin karena letaknya yang berada di lereng gunung lawu. 

Baca Juga: Wisata Pantai Sendang Sikucing, Pilihan Terbaik Untuk Piknik di Akhir Pekan

Di dalam wisata Air Terjun Jumog, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang memanjakan mata, pepohonan yang segar, tebing-tebing menjulang tinggi, dan terdapat aliran air yang sangat jernih. 

Tepian sungainya dijadikan tempat untuk istirahat dan makan-makan dengan adanya meja dan alas sebagai tempat duduk. 

Air Terjun Jumog menjadi salah satu wisata air terjun yang harus dikunjungi, karena tempatnya asri dan dapat istirahat serta makan-makan dengan melihat pemandangan yang memukau. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Hits Di Guci Tegal dengan Harga Bersahabat

Dari pengelola Air Terjun Jumog juga memberikan fasilitas demi kenyamanan pengunjung, diantaranya: kolam renang, mushola, warung makan pinggir sungai, toilet, parkir, playground, dan panggung hiburan.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Untuk masuk menuju Air Terjun Grojogan Sewu harus menempuh kurang lebih 1,250 anak tangga. Dengan suguhan pemandangan alam yang sangat indah menjadikan perjalanan menuju air terjun tidak terasa lelah. 

Sepanjang jalan menuju air terjun, berjejeran kios pedagang yang menjajakan berbagai makanan, minuman, bahkan souvenir khas Karanganyar.

Baca Juga: Peringatan Maulid Nabi: Tradisi Ngiring Bende di Kecamatan Bumijawa Tegal

Tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan keindahan air terjunnya saja, tetapi juga terdapat kolam renang anak-anak, tempat makan khas sate ayam dan kelinci, flying fox, area outbound, penginapan, spot foto, tempat bermain anak-anak, toko cindera mata, dan mini rafting.

3. Air Terjun Jurang Sundo

Air Terjun Jurang Sundo masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, namun keindahannya tidak kalah dengan air terjun lainnya. Airnya sangat jernih, dingin, serta suasananya pun sejuk dan segar. 

Letak air terjun ini cukup dekat dengan air terjun grojogan sewu.

Baca Juga: Rekomedasi Tempat Nongkrong Malam Hari di Semarang

Untuk bisa sampai air terjun ini, wisatawan harus berjalan kaki melewati jalanan setapak yang keadaannya cukup bagus. 

Air Terjun Jurang Sundo hanya memiliki ketinggian 10 meter, memiliki banyak tempat spot foto keren karena pemandangannya yang sangat indah. 

4. Air Terjun Kedung Sriti

Letak Air Terjun Kedung Sriti berada di lembah antara dua bukit ladang, yaitu di lembah antara Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro dan Dusun Plalar, Desa Tengklik, Tawangmangu, Karanganyar.

Baca Juga: Berikut 5 Rekomendasi Judul Ceramah Sambut Maulid Nabi

Ketinggian air terjunnya kurang lebih hanya 10 meter. Meskipun airnya tidak tinggi, air terjun ini tetap memberikan pemandangan yang sangat indah.

Di Air Terjun Kedung Sriti, wisatawan bisa mandi dan berenang di dasar air terjunnya. Namun jika wisatawan tidak bisa berenang, alangkah baiknya tidak perlu mencoba untuk mandi di dasar air terjun karena debit airnya yang cukup deras. 

Nikmati keindahan alam dengan berkunjung ke air terjun di Karanganyar yang telah direkomendasikan diatas. 

Editor: Dela Anadra

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Air Terjun Terbaik di Karanganyar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel