Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

4 Jajanan Tradisional Khas Batang yang Wajib Dicoba

Setiap daerah pasti memiliki jajanan tradisional yang khas, Batang memiliki 4 jajanan tradisional yang sangat direkomendasikan bagi siapapun yang akan berkunjung ke daerah dengan julukan Heaven of Asia satu ini.

Getuk iris, salah satu jajanan tradisional khas Batang (Dok.Pribadi/Kholis Dwi Saputro)

DIREKTORIJATENG.ID- Jajanan tradisional merupakan sebuah makanan ringan yang sudah ada sejak zaman dahulu dan masih ada di era sekarang. Saat ini,  jajanan tradisional biasanya terdapat di pusat kulineran dan tempat wisata. Biasanya orang-orang yang berwisata dari luar daerah mencari jajanan tradisional khas daerah tersebut.

Munculnya kreasi baru dalam bidang kuliner didorong oleh perkembangan zaman, yang menghasilkan beragam makanan modern. Meskipun demikian, makanan tradisional masih memiliki daya tarik yang tak tergantikan. Jajanan tradisional masih memiliki tempat yang istimewa di hati masyarakat, meskipun kita hidup di era makanan modern yang penuh dengan inovasi dan variasi.

Pada kali ini, kita akan membahas tentang jajanan tradisional khas Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kabupaten Batang memang tak seluas kabupaten lainnya. Akan tetapi, kabupaten ini mempunyai jajanan tradisional khas yang ada di daerah tersebut.

Disini akan mengulas tentang 4 jajanan tradisional khas Batang yang masih melekat sampai sekarang. Kurang lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Batang tetapi belum mencoba jajanan khas daerah ini. Untuk informasi selengkapnya akan kita simak bersama, apa saja sih 4 jajanan tradisional khas Batang ini? Yuk, baca bersama dibawah ini.

Baca Juga: Yuk Main ke Pantai Jodo di Batang, Menikmati Pemandangan Laut dengan Kereta Api

1. Serabi Kalibeluk

Kenapa sih disebut serabi kalibeluk? Nah, serabi ini adalah serabi yang ukurannya berbeda dari serabi lainnya. Bentuknya lebih besar dari serabi pada umumnya dan serabi ini dibuat di Desa Kalibeluk, Warungasem. 

Serabi ini memiliki dua varian rasa. Varian yang pertama adalah gula Jawa dan varian yang kedua yaitu kelapa. Keduanya dimasak secara khusus dengan arang panas, menghasilkan bau semerbak yang unik.

Serabi ini memiliki tekstur yang empuk dan juga lembut saat dimakan. Apalagi jika memakan serabi ini dalam keadaan hangat, akan mendapatkan sensasi yang berbeda. Hal ini dikarenakan rasanya masih enak dan lezat, yang membuat anda merasa ketagihan.

2. Getuk Iris 

Makanan khas yang kedua yaitu getuk iris.

Getuk iris merupakan makanan yang terbuat dari ubi. Ubi yang direbus, setelah matang ditumbuk hingga halus dan kenyal. Setelah ditumbuk, getuk tersebut diletakkan di dalam wadah. 

Untuk cara penyajiannya, penjual akan mengiris getuk tersebut biasanya 5 irisan atau 6 irisan yang kemudian diletakkan ke wadah yang terbuat dari kulit pisang yang dipincuk (daun pisang yang dilipat dan disemat dengan lidi sehingga membentuk lekukan). Setelah itu diatasnya ditambahkan parutan kelapa dan juga diberi gula merah. Untuk rasanya pasti sangat enak, anda harus mencobanya!

Baca Juga: Wisata Pantai Sendang Sikucing, Pilihan Terbaik Untuk Piknik di Akhir Pekan

3. Getuk Mawur.

Selain getuk iris, ada juga yang namanya getuk mawur. Seperti getuk biasa, getuk mawur terbuat dari bahan utama pada umumnya, yaitu singkong. 

Yang membedakan getuk ini dengan getuk iris yaitu proses pembuatannya. Jika getuk iris ditumbuk sampai halus, getuk mawur ditumbuk sampai berbentuk butiran-butiran. Setelah itu, dicampur dengan parutan kelapa. Bentuk penyajiannya juga berbeda, yaitu menggunakan daun pisang yang dicontong (daun pisang yang dibentuk menyerupai kerucut). 

4. Corobikang

Corobikang adalah makanan khas Batang berikutnya yang menarik untuk dicoba.

Corobikang adalah kue tradisional yang menarik karena warnanya yang cerah dan bentuknya yang mekar seperti bunga.

Cita rasa yang lembut dan cenderung manis dari corobikang akan membuat anda terpikat. Banyak orang mengatakan bahwa makanan satu ini mirip dengan serabi. Dari bentuknya memang hampir mirip, akan tetapi yang membedakannya dengan serabi adalah corobikang dapat dimakan tanpa kuah atau santan. Saat mencobanya, anda pasti akan ketagihan pada kelezatan rasanya.

Baca Juga: Curug Bengkawah, Si Kembar Yang Cantik Nan Menyejukkan

Itulah jajanan tradisional khas Batang yang masih ada hingga saat ini. Jika anda berkunjung ke Batang, wajib rasanya untuk mencicipi 4 jajanan tersebut. Selain rasanya yang enak, harganya juga masih ramah di kantong.(*)

Editor: Hana Qathrunnada

M. Kholis Dwi Saputro Saya adalah Seorang Mahasiswa UIN WALISONGO SEMARANG Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2021. Saya menyukai bidang fotografi, videografi dan jurnalistik.

Belum ada Komentar untuk "4 Jajanan Tradisional Khas Batang yang Wajib Dicoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel