Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Amalan Sunah yang di Anjurkan Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Beberapa amalan yang disunahkan ketika Maulid Nabi sebagai bentuk kegembiraan dan syukur.

Ilustrasi-Memberi sedekah sebagai bentuk kebahagiaan Maulid Nabi (dok.pinterest)


DIREKTORIJATENG.ID - Pada bulan Rabiul Awal, seluruh umat muslim memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi dimeriahkan dengan berbagai acara keagamaan yang disesuaikan dengan tradisi dan adat istiadat dalam sebuah daerah. 

Tak terkecuali melakukan beberapa amalan Maulid Nabi sebagaimana yang dianjurkan.

Dilansir dari laman NU Online, perayaan Maulid Nabi memiliki hukum yang sunah, karena tujuannya adalah untuk meneladani Nabi Muhammad SAW.


Lalu apa saja amalan Maulid Nabi yang dapat dikerjakan umat Islam?

Adapun beberapa amalan sunah yang dapat dilakukan sebagai bentuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. 

Berikut ini amalan sunah dalam memperingati Maulid Nabi yang perlu diketahui :

1. Membaca Sholawat Nabi.

Amalan Maulid Nabi yang pertama, adalah memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Anjuran untuk melakukan sholawat nabi sebagaimana telah tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 56.

 إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.


2. Puasa Sunah

Nabi Muhammad SAW selalu berpuasa di hari Senin yang mana merupakan hari kelahirannya. Puasa sunnah dapat dibarengi dengan hari Senin dan Kamis maupun puasa Yaumul Bidh pada tengah bulan yakni 13-15.

3. Perbanyak Sedekah

Bulan Maulid Nabi menjadi bulan keberkahan karena bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah sebagai bentuk kegembiraan terhadap Maulid Nabi.

Editor : Lina Hanifati
Evi Hidayatuz Zahroh Halo Nama saya Evi Hidayatuz Zahroh saya Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, disini saya Mahasiswa Prodi KPI yaitu di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, sekarang saya mahasiswa Semester 3, yang memiliki NIM 2101026106

Belum ada Komentar untuk "Amalan Sunah yang di Anjurkan Saat Maulid Nabi Muhammad SAW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel