Entri yang Diunggulkan

SENSASI KEBAHAGIAAN BUDAYA DALAM SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2024

Yang Dinantikan Kelahirannya, Ini Dia 5 Hikmah Dibalik Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw


Ini dia 5 hikmah dibalik memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw

Ilustrasi-hikmah memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw (dok. Pinterest)


DIREKTORIJATENG.ID - Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu wujud tradisi yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Keberadaan peringatan ini tidak terlepas dari hikmah yang terkandung di dalamnya.  

Dalam kitab Sirah Nabawiyah karangan Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri, Nabi Muhammad SAW dilahirkan di tengah keluarga Bani Hasyim. 

Beliau lahir di Makkah pada Senin pagi, 9 Rabi’ul Awwal, permulaan tahun dari peristiwa gajah, dan empat puluh tahun setelah kekuasaan Kisrah Anusyirwan.

Bertepatan dengan tanggal 20 atau 22 bulan April tahun 571 M. 

Mengutip Muhammad Sulaiman Al-Manshurfuri dan penelitian astronomi Mahmud Basya.

Terdapat 5 hikmah yang dapat diambil dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW:

Baca juga: Mahasiwa Jurusan KPI Konsentrasi Public Relation UIN Walisongo Adakan Kuliah Dosen Tamu

1. Memperkuat Iman dan Cinta kepada Nabi Muhammad SAW

Dalam acara maulid Nabi Muhammad SAW, umat Muslim mengenang perjalanan hidup, ajaran-ajaran, dan karakteristik luar biasa Nabi yang telah menjadi pedoman bagi umat manusia. 

Melalui peringatan ini, kecintaan dan pengorbanan Nabi untuk umatnya dapat lebih dipahami serta menguatkan iman kepada Allah SWT.

2. Mengenalkan Kepada Generasi Muda Tentang Kepribadian Nabi

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk lebih mengenal kepribadian dan ajaran Nabi secara mendalam. 

Dalam peringatan ini, cerita-cerita tentang kehidupan Nabi, sabda-sabda, dan tingkah laku teladan beliau dipaparkan dengan berbagai cara. 

Melalui cerita dan dakwah, generasi muda dapat belajar nilai-nilai kebaikan, keteladanan, dan norma agama yang ditanamkan oleh Nabi Muhammad SAW.

3. Merajut Kebersamaan dan Ukhuwah Islamiyah

Hikmah selanjutnya yang dapat diambil yaitu merajut kebersamaan dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah antara umat Muslim. 

Kehadiran dalam acara maulid Nabi memberikan kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi serta memperkuat persaudaraan antar-muslim, baik antar individu maupun komunitas. 

Di samping itu, melalui Maulid Nabi dapat menciptakan kesadaran tentang pentingnya membangun hubungan yang harmonis dan saling mendukung dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Memperingati Maulid Nabi, Kamu Harus Tahu Sejarah Penyebutan Al-Amin untuk Nabi Muhammad SAW

4. Mengenang Sejarah Islam dan Perjuangan Nabi

Maulid Nabi Muhammad SAW juga menjadi momen penting untuk mengenang sejarah Islam dan perjuangan Nabi dalam menyebarkan agama. 

Melalui peringatan tersebut, umat Islam diingatkan akan betapa beratnya perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam membentuk masyarakat yang adil, sejahtera, dan berlandaskan nilai-nilai Islam. 

Hal ini akan menginspirasi umat muslim untuk tetap mempertahankan dan menyebarkan ajaran Islam serta meneladani perjuangan Nabi dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menumbuhkan Rasa Syukur atas Kehadiran Nabi Muhammad SAW

Melalui peringatan Maulid Nabi, umat muslim diingatkan akan nikmat dan keberkahan yang diberikan melalui ajaran-ajaran Nabi, serta kesempatan untuk hidup beriringan dengan Islam. 

Dengan menyadari begitu besar dan berharganya anugerah ini, umat Muslim akan lebih bersyukur serta berusaha untuk mengamalkan ajaran-ajaran Nabi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Kota Solo Adakan Sekaten untuk Peringati Maulid Nabi, Berikut Jadwalnya

Oleh karena itu, memperingati maulid Nabi menjadi momen yang penuh dengan nilai-nilai positif yang dapat membimbing umat muslim menuju kehidupan yang lebih baik dan harmonis dalam menjalankan ajaran agama Islam.

Editor: Lina Hanifa

Zakia Maulida Hallo Aku Zakia Maulida

Belum ada Komentar untuk "Yang Dinantikan Kelahirannya, Ini Dia 5 Hikmah Dibalik Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel