Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Grup Kesenian Tari Topeng Ireng Kaya Rimba Makin disukai Oleh Anak Muda


Grup topeng Ireng Kaya Rimba perform saat event Gebyuran Bustaman di Jl. MT. Haryono, Purwodinatan, kota Semarang. (3/3/2024)

SEMARANG DIREKTORIJATENG.ID- Topeng Ireng Kaya Rimba, salah satu jenis kesenian tari asal kota Semarang, yang banyak digrandungi anak muda. Grup seni tari ini berasal dari Desa Banyu Kuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.


Mulanya, kesenian topeng Ireng berkembang di Kabupaten Semarang dengan ciri khasnya yang terletak pada kekuatan dan kelincahan gerakan kaki.


Dua belas penari topeng Ireng Kaya Rimba didominasi oleh anak muda, penari tersebut dihiasi oleh atribut yang menarik, pasalnya setiap penari memakai Mahkota berbulu yang terpasang di kepala dengan bunyi gelang lonceng yang bersumber dari hentakan kedua kaki penari.


Baca Juga:Pelestarian Bahasa Prokem Semarang di Kafe Gethe


Grup tari Topeng Ireng tampil dengan apik pada acara Gebyuran Bustaman, Minggu (3/3), di Jl. MT. Haryono, Purwodinatan, kota Semarang. Ratusan warga dan pengunjung Kampung Bustaman antusias memperhatikan pertunjukan Tari topeng Ireng.


Pamong budaya Bramandya, Agus Saputra, menjelaskan, mulanya masyarakat telah memiliki keseniannya sendiri, tarian Jaran Kepang namanya. Namun, Tari Jaran Kepang berkembang dan membentuk kesenian lain berupa tari Topeng Ireng, yang telah berkembang sejak tahun 2000.


Ia menceritakan, penikmat kesenian tari Topeng Ireng Kaya Rimba didominasi oleh anak muda. Senada dengan hal itu, ia berharap akan lebih baik, jika masyarakat mampu mengapresiasi kesenian ini.


“Malah banyak dari anak muda yang menyukai, harapan saya agar masyarakat dapat mengapresiasi kesenian ini,” ujarnya.


Baca juga:Kuliah karawitan Ikhtiar Akademisi


Agus menjelaskan, bahwa kesenian Tari Topeng Ireng bukan asli dari Desa Banyu Kuning, melainkan kesenian kubro yang berkembang sejak penjajahan Belanda. Namun menurutnya, kesenian rakyat tidak bisa dibatasi oleh batas administratif.


Pengunjung kampung Bustaman, Rohmat, menjelaskan, ia mengagumi tampilan kesenian Tari Topeng Ireng, pasalnya tari ini mempunyai gerakan kaki yang lincah dan mirip seperti Jaran Kepang.


“Seni tarinya bagus, gerakan kakinya lincah hampir mirip kaya jaran kepang,” ujarnya.


Reporter:

Muhammad Kholid Rahmatulloh

Muhammad Syukron Abdul Fattah 

Abdulfatah Panggil saja abdul, aku gondrong dan keren sihhh

Belum ada Komentar untuk "Grup Kesenian Tari Topeng Ireng Kaya Rimba Makin disukai Oleh Anak Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel