Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Ribuan Jamaah dari Berbagai Penjuru Memadati Lokasi Puncak Haul Solo

Ribuan jamaah menghadiri Haul Solo ke-112, kondisi padat dari jamaah (dok. panca)

DIREKTORIJATENG.ID - Ribuan jemaah dari berbagai wilayah menghadiri perayaan kedua Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Kota Solo pada hari ini. Lalu lintas di sekitar daerah tersebut telah mengalami kemacetan sejak dini hari.

Berdasarkan pemantauan detikJateng pada hari Minggu (5/11/2023), tingkat kepadatan lalu lintas mulai terlihat sekitar pukul 04.00 WIB. Hal ini terjadi sepanjang Jalan Veteran, Jalan Brigjen Sudiarto, serta Jalan Kyai Mojo.

"Ini disebabkan oleh acara Haul, dimulai sejak jam 02.00 WIB dini hari. Kemacetan terjadi di sepanjang persimpangan Pasar Kliwon hingga Persimpangan Baturono," ujar Fikri (24), salah seorang petugas parkir di salah satu area parkir yang disediakan khusus untuk Haul Solo ini.

Ribuan jemaah sudah tampak memadati Jalan Kapten Mulyadi dan sekitarnya sekitar pukul 04.30 WIB. Menurut Fikri, para jemaah telah mulai berdatangan sejak setelah salat subuh.

"Setelah salat subuh, mereka sudah datang, tetapi kerumunan mulai meningkat sekitar pukul 07.00 WIB," tambahnya.

Area parkir yang telah disediakan tampak sudah penuh sesak dengan kendaraan yang digunakan oleh para jemaah Haul Habib Ali Solo.

"Kami telah menjaga area ini sejak Kamis (2/11/2023) kemarin. Bergantian dengan petugas lain, dan setelah salat subuh, sudah mulai penuh," kata Alif.

Salah satu jemaah Haul Solo yang berasal dari Bandung, Alif, mengungkapkan bahwa dia telah berangkat sejak pukul 03.00 WIB agar bisa hadir lebih awal dalam perayaan Haul.

"Kemarin saya sudah ikut, dan hari ini ikut lagi. Jika ingin mendapatkan tempat di barisan depan, harus berangkat sejak jam 03.00 WIB, meskipun sudah salat subuh, tetapi harus berusaha untuk mendapatkan tempat di barisan depan," ungkap Alif pada Minggu (5/11/2023).

Jemaah Haul Solo yang berdesakan

Hingga pukul 06.00 WIB, masih banyak jemaah yang terus berdatangan dan ada yang memilih duduk di gang-gang kecil. Beberapa kendaraan bahkan terpaksa parkir di pinggir jalan karena area parkir sudah penuh.

Dalam rangkaian perayaan Haul Solo ini, maulid diisi dengan pembacaan Kitab Simthudduror yang diikuti oleh para jemaah, dan kemudian diakhiri dengan pembagian makanan oleh panitia.

Penulis: Muh Panca

Belum ada Komentar untuk "Ribuan Jamaah dari Berbagai Penjuru Memadati Lokasi Puncak Haul Solo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel