Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Ramaikan Hari Santri Nasional 2023, Santri Life Skill Daarun Naajah Ikuti Lomba Lalaran Kitab Alfiyah

Santri Pesantren Life Skill Daarun Najaah ikuti lomba lalaran kitab Alfiyah yang diselenggarakan Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Semarang untuk meramaikan Hari Santri Nasional 2023.

Foto bersama pasca take video di Musholatorium Attaqy Pesantren Life Skill Daarun Najaah. (Dokumentasi: Humas Pesantren)

DIREKTORIJATENG.ID- Santri Pesantren Life Skill Daarun Najaah ikuti lomba lalaran kitab Alfiyah karang Ibnu Malik yang diselenggarakan Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Semarang. Lomba lalaran kitab ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2023, untuk pengiriman karya di Platfrom Instagram. Lomba ini dalam rangka menyambut hari santri nasional pada 22 Oktober 2023.

Baca Juga: Mengenang Pertempuran 5 Hari di Semarang

Dalam lomba ini Pesantren Life Skill Daarun Najaah menampilkan lalaran kitabnya dengan menggunakan alat musik yang berbeda dari yang lainnya. Alat musik yang digunakan adalah barang bekas yang sudah tidak lagi digunakan. Seperti galon bekas, kaleng bekas, ember, botol bekas, dan poci.

Baca Juga: Membangun Moralitas dalam Masyarakat Melalui Amar Ma'ruf Nahi Munkar

Alat yang digunakan ini dengan maksud bahwa santri selain pandai mengaji juga pandai dalam berkarya, seperti yang dikatakan Ulfah salah satu santri yang menjadi peserta di lomba tersebut.

"Lomba ini adalah wujud nyata kami untuk terus menggali ilmu agama dengan bumbu kesenian. Selain hafalan kami juga memadukannya dengan kesenian, dan memanfaatkan alat seadanya." Tutur Ulfah.

Baca Juga: Tak Pernah Menyerah Meskipun Gagal: Kisah Perjalanan Kegagalan Kusuma

Lomba lalaran kitab Alfiyah ini juga menjadi bukti bahwa ada berbagai cara santri dalam memposisikan dirinya sebagai santri. Ulfah mengatakan bahwa santri merupakan pilar kekuatan dalam menjaga dan menyebarkan ilmu agama.

Santri Pesantren Life Skill Daarun Najaah berharap bisa memenangkan lomba ini. Selain menang mereka juga berharap bahwa partisipasinya dapat menginspisari banyak orang.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah mengadakan acara tersebut. Semangat kami tidak hanya untuk memenangkan lomba, tapi juga untuk terus belajar, berkembang, dan menginspirasi generasi mendatang." Ucap Ulfah saat diwawancara. (*)

Editor: Hana Qathrunnada

Heru Sofyan Nama saya Heru Sofyan, alamat saya Purbalingga Jawa Tengah. Sekarang saya tinggal di Semarang karena sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi islam di semarang. Yaitu di UIN WALISONGO dengan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Ramaikan Hari Santri Nasional 2023, Santri Life Skill Daarun Naajah Ikuti Lomba Lalaran Kitab Alfiyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel